Air Desa Kwalitas Istimewa

sumurtanto

Mata air sumurtanto yang terletak di desa Ramban Wetan  Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso Jawa Timur tak henti-hentinya didatangi oleh masyarakat setempat, bahkan banyak yang berdatangan dari berbagai desa lain, mata air sumurtanto ini tak kalah jernihnya dengan mata air mineral kemasan pada umumnya yang sudah diproduksi dengan teknologi yang canggih.

Sumber air sumurtanto ini merupakan asep desa yang harus dijaga kebersihannya, karena sumber mata air ini mempunyai kwalitas yang bagus seperti mata air kualitas jernih, bahkan sumber mata air ini dapat dipastikan mengungguli produk lain apabila sumbernya dikelola dengan baik oleh pemerintah. Keberadaan ini dapat dibuktikan oleh banyaknya oleh masyarakat yang berdatangan untuk mengambil air yang dilakukan secara rutin oleh masyarakat, baik pagi maupun sore hari.

“ Meskipun keberadan sumurtanto di pelosok, telah banyak masyarakat yang berdatangan untuk mengambil air tersebut, bahkan sampai rela untuk mengantri. Tidak hanya masyarakat setempat saja yang mengkonsumsi air tersebut namun banyak desa lain yang berdatangan seperti masyarakat suling wetan, kranang, cermee bahkan dari luar kota juga mengkonsumsi air tersebut” tutur didik purwanto salah satu warga yang rumahnya berdekatan dengan sumurtanto.

Untuk mempertahankan kebersihan sumber mata air tersebut kepala desa ramban wetan selalu memotivasi masyarakat agar kemurnian dan kejernihannya selalu dijaga dan menjadi prioritas utama.” Saya sudah sering menghimbau pada masyarakat agar kemurnian dan kejernihan sumber air ini dijaga jangan samapai tercemar karna air adalah sumber kehidupan” ujar bapak kepala desa ramban wetan. (Prasetyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*